Kamis, 23 Februari 2017

MEMBUAT PASSWORD WOORKSHEET BERGANTI SESUAI NAMA HARI


Salah satu cara melindungi data yg kita anggap penting atau mungkin sangat rahasia sekali barangkali pada lembar kerja/worksheet anda,  adalah dengan cara memproteksi sheet dgn memberi password.
Berikut beberapa langkah yang sangat sederhana tentang cara membuat password sheet yang berubah dgn sendirinya sesuai nama hari:

‘Pertama, Kita buat Fungsi (UDF / User Defined Function) untuk menghasilkan password yang dimaksud. Langkah ini dimulai dengan memanfaatkan fungsi NOW di VBA untuk mendapatkan tanggal hari ini. Kemudian kita gunakan WorksheetFunction WEEKDAY untuk mendapatkan nomor hari. Terakhir, fungsi CHOOSE kita gunakan untuk mengkonversi Nomor Hari menjadi Nama Hari. Lengkapnya langkah pertama ini kita tuangkan dalam bahasa VBA sebagai berikut:

Private Function PasswordKu() As String
Dim NoHari As Integer
NoHari = Application.WorksheetFunction.Weekday(Now)
PasswordKu = Choose(NoHari, "minggu", "senin", "selasa", "rabu", "kamis", "jumat", "sabtu")
End Function

Kedua, kita buat Prosedur yang akan dieksekusi saat file dibuka, yakni Sub Auto_Open(). Di mana dalam prosedur ini kita memprotect semua worksheet dengan Password yang telah kita tentukan sebagaimana langkah di atas. Penulisan pada VBA adalah sebagai berikut:

Sub Auto_Open()
Dim ws As Worksheet
For Each ws In ThisWorkbook.Worksheets
ws.Protect PasswordKu
Next ws
End Sub

Ketiga, kita buat prosedur untuk menghapus password pada saat file ditutup, yakni Sub Auto_Close(). Penulisannya di VBA adalah:

Sub Auto_Close()
Dim ws As Worksheet
For Each ws In ThisWorkbook.Worksheets
ws.Unprotect PasswordKu
Next ws
End Sub

Selesai.
Selanjutnya kembali ke lembar kerja anda, klik kanan pada salah satu sheet -> unprotect -> coba masukkan password sesuai nama hari.

Catatan: Penulisan kode makro di atas dengan cara:
1. Buka Excel
2. Tekan Alt F11
3. Insert > Module
4. Tuliskan kode macro-nya.
5. Tutup VBA Editor.
6. Simpan dengan format Excel.xlsm (macro-enabled)

Dengan cara di atas, maka setiap harinya, password proteksi worksheet kita akan berubah sesuai dengan nama hari (pakai huruf kecil semua, sesuai apa yang kita tulis di code).
Apa yang diungkapkan di atas hanyalah contoh sederhana saja, pengembangannya (untuk mendapatkan password yang lebih sulit, tergantung pada imajinasi dan kreatifitas kita sendiri).
Selamat meng-UtakAtik Excel VBA Macro semoga bermanfaat.

Silahkan Download Contoh File di mari = = = > DownloadContoh File

Tidak ada komentar:

Posting Komentar